Selasa, 05 November 2013

Tugas Individu Teori Organisasi Umum 1



Assalamu’alaikum, disini diblognya Reni Rahmawati, saya akan mengulas kembali apa yang diajarkan oleh Bapak M.Syahwildan pada mata kuliah Teori Organisasi Umum 1.

yap, dimulai saja, saya akan menjelaskan Materi pertama yang diajarkan oleh Bapak M.Syahwildan pada hari Kamis tanggal 03 Oktober 2013.

Hhm, pertama-tama, apa arti dari Organisasi?

Organisasi digunakan sebagai alat dari manajemen untuk  mencapai tujuan. Jadi, dalam arti luas Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Organisasi pada dasaranya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-prasarana, data,  dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien  dan efektif untuk  mencapai tujuan organisasi.

Lalu, arti dari Manajemen apa?

Manajemen adalah suatu seni dimana pelaksanaan dan pengaturan yang efektif dilakukan secara bersama-sama dalam control yang stabil.

Manajemen sendiri dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :

     1.  Manajemen sumber daya manusia
     2.    Manajemen tata kelolaan

Tujuan dari manajemen ini sendiri terdiri atas 4, yakni :

      1.     Manajemen organisasional : ditujukan untuk dapat mengenali keberadaan manajemen sumber daya manusia dalam memberikan kontribusi pada pencapaian efektivitas organisasi.
     2.    Manajemen fungsional : ditujukan untuk mempertahankan kontribusi departemen pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
   3.    Manajemen social : ditujukan untuk secara etis dan social merespon terhadap kebutuhan-kebutuhan dan tantangan-tantangan masyarakat melalui tindakan meminimasi dampak negative terhadap organisasi.
   4.    Manajemen personalia : ditujukan untuk membantu karyawan dalampencapaian tujuannya, minimal tujuan-tujuan yang dapat mempertinggi kontribusi individual terhadap organisasi.

Fungsi Manajemen dibagi menjadi 4, yakni :
 
1.     Planning
2.    Organizing
3.    Actuating
4.    Controlling

Organisasi niaga (keuntungan): 

1.     Perseroan Terbatas (PT)
Adalah organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggungjawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada didalamnya.

2.    Perseroan Komanditer (CV)
Adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh 2 orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda diantara anggotanya.

3.    Firma (FA)
Adalah suatu persekutuan untuk menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan nama bersama.

4.    Koperasi
Adalah suatu kumpulan orang-orang untuk bekerja sama demi kesejahteraan bersama. Berdasarkan undang-undang nomor 12 tahun 1967, koperasi Indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak social dan beranggotakan orang-orang, badan-badan hokum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.

 

Selanjutnya, saya akan menjelaskan materi ke-2 yang diajarkan oleh Bapak M.Syahwildan mengenai MANAJEMEN & TATA KERJA pada hari Kamis tanggal 24 Oktober 2013.






Organisasi,

Hal yang saya ingat dari Organisasi adalah, didalam organisasi dapat membentuk kepribadian seseorang. Bahwa dalam berorganisasi jiwa seseorang akan mengeluarkan sesuatu yang bermanfaat. Organisasi dibutuhkan agar manusia dapat berkomunikasi dengan orang lain. Organisasi yang bermanfaat juga dibutuhkan dalam mencari pekerjaan/dapat menciptakan lapangan pekerjaan. Seseorang yang sukses dalam berorganisasi akan sukses pula masa depannya.

Bapak syahwildan menjelaskan bahwa waktu seseorang itu sangat singkat, dan organisasi itu tidak hanya didapatkan dari dalam lingkungan kampus saja, tetapi diluar kampus juga harus dicari. Gunakan waktu kita semaksimal mungkin untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat. Begitulah nasihat bapak syahwildan yang saya tangkap.

Manajemen,

Seseorang yang memiliki manajemen dalam hidupnya, pasti segala sesuatu yang ia lakukan akan terarah. Seperti contoh dalam berorganisasi dalam menciptakan suatu lapangan pekerjaan, harus memiliki visi dan misi agar organisasi yang dijalani memiliki tujuan yang akan dicapai.

Manajemen dan Tata Kerja,

Hubungan antara manajemen dan tata kerja dapat dilukiskan seperti dibawah ini:

Manajemen : menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai factor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.

Tata Kerja : menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumner dan waktu yang tersedia.

Seperti halnya seseorang yang memiliki bisnis berjualan kue pasar, dalam menekan kerugian seseorang itu harus mengurangi pemborosan seperti pemborosan dalam menggunakan bahan makanan dll, lalu seseorang itu juga dapat menanam modal/investasi daam jangka panjang agar sesuatu yang ia tanamkan dapat bermanfaat lain waktu. Manajemen tata kerja yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula.

Tujuan yang dicapai,

Dalam berbisnis maupun berorganisasi, seseorang pasti memiliki tujuan kan, seperti yang tercantum dalam pengertian organisasi sendiri adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.

Sifat-sifat organisasi :

1.     Solidaritas
Solidaritas sendiri dapat diartikan kesatuan kepentingan, simpati, dll, sebagai salah satu anggota dari kelas yang sama. Solidaritas bisa didefinisikan: perasaan atau ungkapan dalam sebuah kelompok yang dibentuk oleh kepentingan bersama.
Jadi, solidaritas antar kelompok/organisasi sangat dibutuhkan agar suatu kelompok bisa saling memahami satu sama lain dan dapat berhubungan dengan baik.

2.    Keterbukaan
Keterbukaan merupakan perwujudan sikap jujur, rendah hati, adil, serta mau menerima pendapat dan kritik dari orang lain. Keterbukaan atau transparansi berasal dari kata dasar terbuka dan transparan.
Sama halnya seperti solidaritas, keterbukaan juga diharapkan dalam suatu kelompok agar persoalan menjadi jelas mudah dipahami dan tidak disangsikan lagi kebenarannya.

3.    Kebutuhan
Kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup serta untuk memperoleh kesejahteraan dan kenyamanan.
Anggaplah organisasi adalah kebutuhan sehari-hari anda, dengan begitu anda terbiasa berkomunikasi dengan orang lain.

4.    Inovasi baru
Inovasi baru diartikan dengan membuat kreativitas yang dapat membangun diri sendiri maupun orang lain, mampu menciptakan sesuatu hal yang baru yang memiliki manfaat.

5.    Musyawarah 

Musyawarah adalah suatu sistem pengambilan keputusan yang melibatkan banyak orang dengan mengakomodasi semua kepentingan sehingga tercipta satu keputusan yang disepakati bersama dan dapat dijalankan oleh seluruh peserta yang mengikuti musyawarah.

6.    Komunikasi
Komunikasi adalah "suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

7.    Loyalitas
Loyalitas ini adalah mau berbagi bersama, jika kita berada dalam suatu kelompok organisasi, anggaplah mereka bagian dari keluarga.














 
 Usia 19-27 tahun : dimasa-masa ini biasanya kita sangat mudah terayu oleh orang lain, artinya masa ini saya sebut ababil, masaa remaja atau masa-masa disaat kita masih bebas untuk melakukan sesuatu hal yang kita suka. Saya diajarkan bahwa usia ini sangat baik jika kita menggunakan waktu luang kita untuk berorganisasi diluar ataupun didalam kampus (jika dalam masa perkuliahan) sebab seperti yang saya bilang diawal, dengan berorganisasi dapat membentuk karakter kita. Jadi, jangan sia-siakan waktu muda mu hanya dengan menghabiskan untuk bermain-main.
 
Usia 28-35 tahun : usia ini saya sebut sebagai waktu untuk mencari/membuat suatu lapangan pekerjaan. Masa dimana kita dituntut untuk memilih perkerjaan yang layak/ dapat menjamin masa depan.

Usia 36-40 tahun : usia ini kita diharapkan untuk menjadi seorang bos didalam suatu perusahaan/yang lainnya, karna kesuksesan berada ditangan anda.

Usia 40-72 tahun : masa ini adalah masa akhir, masa istirahat, masa pilihan. Diharapkan masa ini adalah masa kita untuk menikmati apa yang sudah kita kerjakan. 

Akhir dari tulisan saya, saya meminta maaf jika tulisan ini banyak yang tidak dapat dimengerti, terdapat kata2 yang salah dan keluar dari bahan topic yang dibicarakan oleh bapak syahwildan, dan banyaknya kata-kata yang saya tambahkan. terima kasih. (^_^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar