1.1 Pengertian, tujuan, ISD, dan IPS
Ø PENGERTIAN
ILMU SOSIAL DASAR (ISD)
Untuk menjawab berbagai tantangan
dan persoalan dalam kehidupan lahirlah berbagai cabang ilmu pengetahuan.
Berdasarkan sumber filsafat yang
dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat
dikelompokan menjadi tiga :
·
Natural
sciences (ilmu-ilmu alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, astronomi, biologi dll
·
Sosial
sciences (ilmu-ilmu social) terdiri dari: Sosiologi, Ekonomi, Politik antropologi,
Sejarah, Psykologi, Geografi dll
·
Humanities
(ilmu-ilmu budaya) meliputi: Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dll.
Mengikuti pembagian ilmu
pengetahuan seperti tersebut diatas maka Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya
Dasar adalah satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan.
Ilmu Sosial Dasar
(ISD) adalah pengetahuan yang mengkaji masalah-masalah sosial,
khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat dengan menggunakan
pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang
pengetahuan keahlian dalam ilmu-ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi,
geografi, sosiologi, antropologi, psykologi sosial.
Ilmu sosial dasar tidak merupakan
gabungan dari ilmu sosial dasar yang dipadukan, karena ilmu sosial dasar tidak
memiliki objek dan metode ilmiah tersendiri dan juga ia tidak mengembangkan
suatu penilitian sebagaimana suatu disiplin ilmu seperti ilmu-ilmu sosial
diatas.
Pengertian I S D di perguruan Tinggi
Ilmu
Sosial Dasar adalah salah satu mata kuliah softskill yang
merupakan mata kuliah yang wajib di perguruan tinggi. Mata kuliah ini
memfokuskan untuk mengembangkan kepribadian para mahasiswa, terutama di bidang
sosial. Berbeda dengan mata kuliah lainnya adalah yang bertujuan untuk
meningkatkan keahlian dalam disiplin ilmunya.
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Pengertian Ilmu
Pengetahuan Sosial dapat diartikan dengan “penelaahan atau kajian tentang
masyarakat”. Dalam mengkaji masyarakat, guru dapat melakukan kajian dari
berbagai perspektif sosial, seperti kajian melalui pengajaran sejarah,
geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspek
psikologi sosial yang disederhanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Ø TUJUAN
TUJUAN ILMU SOSIAL DASAR
- Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
- Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
- Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
- Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dandapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
TUJUAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Sama halnya tujuan dalam bidang-bidang yang lain, tujuan pembelajaran IPS bertumpu pada tujuan yang lebih tinggi. Secara hirarki, tujuan pendidikan nasional pada tataran operasional dijabarkan dalam tujuan institusional tiap jenis dan jenjang pendidikan. Selanjutnya pencapaian tujuan institusional ini secara praktis dijabarkan dalam tujuan kurikuler atau tujuan mata pelajaran pada setiap bidang studi dalam kurikulum, termasuk bidang studi IPS. Akhirnya tujuan kurikuler secara praktis operasional dijabarkan dalam tujuan instruksional atau tujuan pembelajaran.
1.2 ILMU SOSIAL DASAR (ISD) DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mempunyai persamaan dan perbedaan, adapun persamaan antara keduanya adalah :
1. Merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran
2. Bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
3. Mempunyai materi-materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Adapun Perbedaan diantara keduanya
adalah :
1. Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan
2. Ilmu Sosial Dasar merupakan salah satu mata kuliah tunggal, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)
3. Ilmu Sosial Dasar diarahkan pada pembentukkan sikap dan kepribadian , sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan pada pembentukkan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
1. Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan
2. Ilmu Sosial Dasar merupakan salah satu mata kuliah tunggal, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)
3. Ilmu Sosial Dasar diarahkan pada pembentukkan sikap dan kepribadian , sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan pada pembentukkan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
1.3 RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR
Ilmu sosial dasar mencakup masalah-masalah sosial yang
timbul didalam sebuah masyarakat. Untuk menelaah masalah-masalah sosial
tersebut hendaknya terlebih dahulu dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan
sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tersebut.
Sehingga ilmu sosial dasar dapat dibedakan atas tiga
golongan beasar yaitu :
1. Kenyataan-kenyataan
sosial yang ada didalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah
sosial tertentu.
2. Konsep-konsep
sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi
pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari
masalah-masalah sosial yang dibahas pada ilmu sosial.
3. Masalah-masalah
sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai
kenyataan-kenyataan sosial yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan satu
sama lain.
Ilmu
sosial dasar terdiri dari 8(delapan) pokok pembahasan. Dari kedelapan pokok
pembahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan
mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubunganya dengan pengembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah Individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antara Warga Negara dan Negara.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyarakat perkotaan dan masalah pedesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubunganya dengan pengembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah Individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antara Warga Negara dan Negara.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyarakat perkotaan dan masalah pedesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
sumber :
http://galangwpatria.blogspot.com/2012/01/pengertian-tujuan-ilmu-sosial-dan-ilmu.html
http://sigitloveskate.wordpress.com/tugas-ilmu-sosial-dasar-isd/
http://rivandistory.blogspot.com/2011/03/pengertian-tujuan-isd-dan-ips.html
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/mkdu_isd/bab1-
http://bagusikhwani.blogspot.com/2011/03/isd-sebagai-salah-satu-mkdu.html
http://aero-7.blogspot.com/2011/10/pengertian-ilmu-sosial-dasar-yang.html#ixzz29r7A2y3K
http://sigitloveskate.wordpress.com/tugas-ilmu-sosial-dasar-isd/
http://rivandistory.blogspot.com/2011/03/pengertian-tujuan-isd-dan-ips.html
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/mkdu_isd/bab1-
http://bagusikhwani.blogspot.com/2011/03/isd-sebagai-salah-satu-mkdu.html
http://aero-7.blogspot.com/2011/10/pengertian-ilmu-sosial-dasar-yang.html#ixzz29r7A2y3K
Tidak ada komentar:
Posting Komentar